Rabu, 11 Februari 2009

kontemporer

Dalam setiap cabang seni, baik musik, teater, tari, dan seni rupa, dibedakan antara seni tradisi, seni modern, dan seni kontemporer.

Pengertian kontemporer adalah masa kini atau yang berkembang paling kini (terbaru), dengan istilah lain sering disebut kekinian Jika para perupa modern mencari hal-hal yang universal, perupa kontemporer (postmodern) mengidenifikasi perbedaan dan aktif merespon situasi sosial dan politik. Perupa modern berjuang mendapatkan penemuan individual lewat karyanya, dalam seni kontemporer cenderung pada pentingnya media, kebebasan teknk, dan sumber inspirasi beragam. Mereka menghargai multibudaya yang popular.

Pengertian kekinian itu sendiri berarti masa yang sezaman dengan pengamat saat ini. Karena istilah ini menunjuk pada sudut waktu, sehingga yang terlihat adalah rend yang terjadi dan banyak mewarnai pada suatu masa atau zaman. Jika dikaji lebih luas pada latar belakang yang muncul dalam seni rupa kontemporer memang sangat beragam, karenanya belum ada kesepakatan yang baku untuk memberi tanda pada seni rupa kontemporer. Ada yang menganggap seni rupa kontemporer dari sudut teknis seperti munculnya seni instalasi (yang bersifat instalatif, site specific installation), menguatnya sen local (indengenous art), sebagai jawaban atas masalah-masalah yang muncul dalam praktek dan perilaku artistic yang menyimpang dari konvensi sebelumnya (modernisasi), ada pula yang menganggap menguatnya pengaruh ideology postmodern danwacana post –colonialism dewasa ini, sampai hanya dianggap sebagai pergantian istilah semata dari kata modern pada praktik artistic yang sama.

Secara umum seni yan diuraikan di atas dapat diartikan sebagai berikut : seni itu permainan, seni itu rekaman, seni itu penemuan, seni itu ekspresi, seni itu interpretasi, seni itu reformasi, seni itu keteraturan, dan seni itu intensifikasi. Dari pengertian seni itulah siswa SMA dapat menentukan pilihan karier dalam bidang-bidang tertentu. Seni tradisi, modern. Dan seni kontemporer hanyalah sebagai wawasan untuk bersikap dalam menentukan pilihan berkarya. Sebab berkarya seni dapat dijadikan jalan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar